Sabtu, 14 September 2013

CHARACTER BUILDING

Pengertian karakter : watak atau kepribadian, tabiat atau perangai atau kebiasaan yaitu perbuatan yang selalu dilakukan. Sifat-sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Manusia adalah makhluk dengan berbagai karakter. Namun dalam skala besar, manusia mempunyai dua karakter yang berlawanan yaitu karakter baik dan karakter buruk.

Karakter itu berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi 'positif', bukan netral. Jadi 'orang berkarakter' adalah orang yang mempunyai kualitas moral (tertentu) positif. Dengan demikian, pendidikan membangun karakter, secara implisit mengandung arti membangun sifat atau pola perilaku yang didasari atau berkaitan dengan dimensi moral yang positif atau baik, bukan yang negatif atau buruk.

Pendidikan di Indonesia disebut-sebut hanya melahirkan ahli matematika, fisika, dan kimia, tetapi lulusannya tidak memiliki karakter. Fenomena keseharian menunjukkan perilaku masyarakat belum sejalan dengan karakter bangsa yang dijiwai oleh falsafah Pancasila.

Bagaimana membangun karakter ? Karakter bukan anugerah. Dibangun sedikit demi sedikit dengan pikiran, perkataan, dan perbuatan nyata. Melalui pembiasaan, keberanian, usaha keras, dan bahkan dibentuk dari kesulitan demi kesulitan saat menjalani kehidupan.

Teladanilah karakter Rasulullah Muhammad SAW, antara lain: sidiq: benar/jujur, amanah: dapat di percaya, tabligh: menyampaikan kebenaran, fathanah: cerdas dan bijaksana. Siapa yang harus mengawal ? Orang tua, sekolah, dan masyarakat.

Pembangunan karakter merupakan amanat pendiri negara dan telah dimulai sejak awal kemerdekaan. Bung Karno, Presiden RI Pertama pernah mengatakan; "Bangsa ini harus dibangun dengan mendahulukan pembangunan karakter (character building) karena character building inilah yang akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju, dan jaya serta bermartabat. Kalau character building ini tidak dilakukan, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa kuli.

Semoga kita mampu menjadi bangsa yang cerdas dan berkarakter. AMIN. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar